gravatar

Contoh makalah Rencana Usaha



MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
RENCANA USAHA RUMAH MAKAN


Disusun Oleh :

ARIF RAMDANI

SMK KARYA NASIONAL KUNINGAN
Sekretariat : Jalan Raya Cirendang – Cigugur Kuningan 
Telp/Fax. (0232) 871404
E-Mail : smk_karnas.kng@plasa.com





KATA PENGANTAR


            Kegiatan usaha atau bisnis selalu berhubungan dengan ekspektasi atau pengharapan, yaitu memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Kita tahu betul bahwa, kepastian dari masa akan datang adalah ketidakpastian. Dengan demikian, penghar apan untuk memperoleh
keuntungan sifatnya adalah penuh ketidak pastian. Artinya, bisa menguntungkan dan bisa juga tidak menguntungkan. Jadi menjalankan usaha selalu mengandung risiko.

Bagi seorang entreprenuer, risiko adalah fakta hidup yang tidak dapat dihindari, karena itu modal utama bagi seorang entreprenuer di samping memiliki sikap mental produktif adalah keberanian menanggung risiko. Keberanian menanggung risiko (risk taking behavior)  bukan berarti siap untuk selalu rugi tanpa perhitungan, tetapi berani menanggung risiko setelah risiko tersebut diperhitungkan.

Bagaimana seorang entreprenuer dapat mengkalkulasikan risiko usaha yang penuh dengan ketidakpastian? Di sinilah arti pentingnya perencanaan usaha. Melalui perencanaan usaha, seorang entreprenuer mengukur ketidakpastian, mengkalkulasi risiko. Makalah ini akan mengajak Anda untuk memahami bagaimana seorang entreprenuer memformulasikan perencanaan usaha, menilai kelayakan usaha, dan menyusun sebuah makalah usaha. Dengan mempelajari makalah ini, semakin lengkaplah pengetahuan Anda, dan karena itu semakin siap pula untuk tampil sebagai seorang entreprenuer tangguh yang berhasil. 


                                                                                                                                               




Kuningan,   November   2012















DAFTAR ISI
Kata Pengantar................................................................................ 2
Daftar isi ......................................................................................... 3                      
Pendahuluan ................................................................................... 4                      
1.      Dasar gagasan usaha ............................................................................................... 4
2.      Kondisi pasar dan target konsumen......................................................................... 4
3.      Strategi pemasaran rumah makan padang taichung 2 .............................................4
a.      Produk yang di tawarkan .................................................................. 4
b.      Harga produk..................................................................................... 6          
4.      Aspek Manajemen .................................................................................................... 7
5.      Aspek teknis/operasional .......................................................................................... 7
6.      Anggaran biaya .......................................................................................................... 7
7.      Arus kas dalam NT .................................................................................................... 8
8.      Return on ivestment .................................................................................................. 8

Penutup ............................................................................................ 9







PENDAHULUAN

1.       Dasar Gagasan Usaha

Kehidupan di luar negeri terkadang membuat kita terasa rindu akan daerah asal. Hal ini sering
dirasakan oleh orang Indonesia yang sedang berada di Negara Taiwan. Tak sedikit orang Indonesia yang
sedang mencari nafkah di Negara Taiwan dan juga yang sedang melanjutkan studi di perguruan tinggi.
Tercatat lebih kurang sekitar seratus ribu tenaga kerja Indonesia (TKI) dan sekitar  enam ribu mahasiswa
asal Indonesia yang sedang belajar di negeri Formosa Taiwan.

Salah satu kerinduan itu adalah terhadap masakan nusantara yang sudah menjadi bagian dalam
konsumsi sehari-hari orang Indonesia. Hidup di negeri orang, terkadang menjadikan rasa rindu untuk
tetap menikmati selera masakan nusantara. Hal ini dikarenakan pula sulitnya mendapatkan masakan
dengan label halal di negeri yang mayoritas penduduknya mengkonsumsi ‘pork’  dan minyaknya dalam
masakan mereka sehari-hari.  Karena itu lah muncul ide gagasan usaha untuk mendiri rumah makan
yang bisa mewakili selera nusantara Indonesia serta halal untuk dikonsumsi bagi para TKI dan juga
mahasiswa Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Taiwan.

2.      Kondisi Pasar dan Target Konsumen 

Daerah Wufeng, Taichung merupakan daerah tempat dimana terdapat pabrik dan universitas
Asia.  Terdapat beberapa pabrik dimana terdapat karyawan asal Indonesia. Sedangkan di kawasan
Kampus Universitas Asia  sendiri, terdapat sejumlah mahasiswa asal Indonesia yang tinggal di asrama
kampus atau di tempat kos yang ada di sekitar kampus.  Jumlah karyawan pabrik asal Indonesia lebih
kurang sekitar 30 orang, sedangkan jumlah mahasiswa asal Indonesia yang sedang melanjut studi di
kampus Universitas Asia lebih kurang sekitar 40 orang. Di sekitar kampus Asia sendiri terdapat pula
beberapa jajanan atau tempat makan khas Taiwan. Sedangkan untuk warung Indonesia sendiri belum
terdapat sama sekali.

Melihat kondisi pasar di atas, maka target konsumen yang hendak dibidik adalah mahasiswa asal
Indonesia dan karyawan pabrik asal Indonesia  (TKI). Sebagai tambahan, terdapat pula target konsumen
yaitu mahasiswa asal Thailand, Vietnam, Malaysia serta juga mahasiswa lokal Taiwan sebagai target
untuk memperkenalkan selera masakan nusantara.

3.      Strategi Pemasaran Rumah Makan Padang Taichung 2

a. Produk Yang Ditawarkan
Produk yang ditawarkan oleh Rumah Makan Padang dikelompokkan sebagai berikut:
1. Masakan Padang khas Indonesia.










Makanan khas padang yang dimaksud antara lain dapat dilihat pada gambar berikut di bawah ini.




Dan juga terdapat beberapa menu masakan lain yang disediakan tergantung kebutuhan.



4.       Mesin Koin untuk Karaoke


Keterangan gambar: Mesin karaoke ini dapat dimainkan dengan memasukkan uang koin 10
NT per lagu yang akan diputar.

Koleksi lagu dapat disimpan di database lagu pada mesin karaoke. Database lagu akan berisi
lagu-lagu seperti lagu Indonesia (pop , dangdut, lagu daerah), lagu Mandarin, lagu Barat.
Alat ini akan dapat membantu bagi individu yang ingin melatih kemampuan bahasa,
dikarenakan menyanyikan lagu asing merupakan salah satu cara untuk cepat belajar
menguasai bahasa asing.

3. Barang keperluan sehari-hari
Barang –barang yang dimaksudkan adalah berupa barang-barang import dari Indonesia
seperti kecap, saos, mi instan, pasta gigi, minuman kotak, voucher pulsa.

4. Barang souvenir khas Indonesia
Barang-barang yang dimaksudkan adalah berupa barang souvenir khas Indonesia seperti
gantungan kunci, baju batik, ukiran. Dan juga informasi gratis objek wisata Indonesia berupa
buku wisata, brosur, poster, dsb

b. Harga Produk
Harga produk atau barang yang didatangkan dari Indonesia akan dinaikan sebesar seratus
persen dari harga biasa, mengingat biaya ongkos kirim barang untuk mendatangkan barang dari
Indonesia ke Taiwan. Sedangkan untuk produk berupa masakan dimana bisa diusahakan dari
Taiwan, harga nya disesuaikan tetap kompetitif dengan harga lokal.

4.       Aspek Manajemen

Rumah makan ini memiliki struktur manajemen dan kepegawaian sebagai berikut:

a. Pemilik Modal, merupakan investor yang menginvestasikan sejumlah uang guna pendirian
usaha rumah makan padang.

b. Penanggung Jawab/ Manajer , merupakan pihak yang bertanggung jawab atas jalannya
usaha rumah makan ini, sehingga dapat memberikan keuntungan usaha dan dapat
bertanggung jawab sehingga usaha ini dapat memberikan pelayanan memuaskan terhadap
pelanggan.

c. Bagian pembelian, merupakan pihak yang bertanggung jawab dalam bagian pengadaan
barang dan bahan baku termasuk menghitung pemakaiannya.

d. Bagian Keuangan, merupakan pihak yang bertanggung jawab dalam masalah keuangan, arus
kas masuk dan keluar; juga bertanggung jawab dalam menjadi kasir.

e. Juru Masak, merupakan pihak yang bertanggung jawab menjadi juru masak.

f. Juru bersih, bertanggung jawab atas kebersihan area restoran baik yang ada di depan
sampai area bar dan dapur, termasuk membantu divisi dapur untuk mencuci peralatan
masak dan makan.

5.        Aspek Teknis/ Operasional

Jam Operasional               : Senin s/d Jum’at , Jam 10.00 am s/d 19.00 pm
                                                  Sabtu & Minggu, Jam 09.00 am s/d 22.00 pm
Lokasi                                    : Wufeng, Taichung. Dekat Kampus Asia University
Bangunan                            : Rumah toko 1 lantai yang terdiri dari 2 pintu.
Peralatan                             : Peralatan masak, Furnitur, Mesin karaoke, Pendingin ruangan, kipas 
  angin, televisi, Meja kasir, Komputer, Kamera cctv.



6.       Anggaran Biaya

No
Item
Nilai Anggaran
1
Biaya Sewa Ruko per 2 bulan
@ NT 15.000 30.000
2
Peralatan
95.000
3
Belanja barang
50.000
4
Biaya Listrik, air, telepon
10.000
5
Biaya Ijin usaha (pajak)
5.000
6
Gaji Karyawan


 - Penanggung jawab/ manajer (pembelian)
20.000

- Bagian Keuangan ( kasir)
15.000

 - Juru Masak
17.000

- Juru Bersih
10.000

TOTAL KEBUTUHAN DANA 
NT 252.000

Dalam Rupiah ( 1 NT = Rp 292)
Rp 73.584.000


7.       Arus Kas (Dalam NT)
A. PENERIMAAN


 Bulan ke-1



Penerimaan Penjualan Makanan
40 orang x NT 55 ( 2 kali sehari, 30 hari)
132.000


Penerimaan Penjualan  Barang
10.000






Sub Total Penerimaan
142

B. PENGELUARAN


Biaya sewa gedung 
15.000


Belanja Barang
50.000


Biaya Listrik, Telepon,
10.000


Biaya Ijin Usaha (Pajak) 
5.000


Biaya Gaji Karyawan
52.000


Sub Total Pengeluaran
122.000

C. SELISIH KAS
20.000

D. SALDO KAS AWAL


0

E. SALDO KAS AKHIR 


NT 20.000

     DALAM RUPIAH ( 1 NT = Rp 292)


Rp 5.840.000


8. Return on Investment
= Rp 73.584.000 : Rp 3.000.000 = 24,5 bulan
Lama waktu pengembalian modal kepada investor lebih kurang selama 2 tahun 1 bulan.





PENUTUP



Alhamdulillah fuji syukur kehadirat Allah SWT. Bahwasanya tugas makalah ini telah selesai di buat sebaik mungkin, penulis berharap makalah ini dapat di manfaatkan sebagaimana mestinya.
Kami sadar makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan, mungkin ini kata terakhir dari kami semoga kedepannya bisa menjadi lebih baik.

Entri Populer