Contoh makalah Rencana Usaha
MAKALAH
KEWIRAUSAHAAN
RENCANA USAHA RUMAH MAKAN
Disusun Oleh :
ARIF RAMDANI
SMK
KARYA NASIONAL KUNINGAN
Sekretariat
: Jalan Raya Cirendang – Cigugur Kuningan
Telp/Fax.
(0232) 871404
E-Mail
: smk_karnas.kng@plasa.com
KATA
PENGANTAR
Kegiatan
usaha atau bisnis selalu berhubungan dengan ekspektasi atau pengharapan, yaitu
memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Kita tahu betul bahwa,
kepastian dari masa akan datang adalah ketidakpastian. Dengan demikian, penghar
apan untuk memperoleh
keuntungan
sifatnya adalah penuh ketidak pastian. Artinya, bisa menguntungkan dan bisa
juga tidak menguntungkan. Jadi menjalankan usaha selalu mengandung risiko.
Bagi
seorang entreprenuer, risiko adalah fakta hidup yang tidak dapat
dihindari, karena itu modal utama bagi seorang entreprenuer di samping
memiliki sikap mental produktif adalah keberanian menanggung risiko. Keberanian
menanggung risiko (risk taking behavior) bukan berarti siap untuk selalu rugi tanpa
perhitungan, tetapi berani menanggung risiko setelah risiko tersebut
diperhitungkan.
Bagaimana
seorang entreprenuer dapat mengkalkulasikan risiko usaha yang penuh
dengan ketidakpastian? Di sinilah arti pentingnya perencanaan usaha. Melalui perencanaan
usaha, seorang entreprenuer mengukur ketidakpastian, mengkalkulasi
risiko. Makalah ini akan mengajak Anda untuk memahami bagaimana seorang entreprenuer
memformulasikan perencanaan usaha, menilai kelayakan usaha, dan menyusun sebuah
makalah usaha. Dengan mempelajari makalah ini, semakin lengkaplah pengetahuan
Anda, dan karena itu semakin siap pula untuk tampil sebagai seorang entreprenuer
tangguh yang berhasil.
Kuningan, November
2012
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar................................................................................ 2
Daftar isi ......................................................................................... 3
Pendahuluan ................................................................................... 4
1.
Dasar
gagasan usaha ............................................................................................... 4
2.
Kondisi
pasar dan target konsumen......................................................................... 4
3.
Strategi
pemasaran rumah makan padang taichung 2 .............................................4
a. Produk yang di tawarkan .................................................................. 4
b. Harga produk..................................................................................... 6
4.
Aspek
Manajemen .................................................................................................... 7
5.
Aspek
teknis/operasional .......................................................................................... 7
6.
Anggaran
biaya .......................................................................................................... 7
7.
Arus kas
dalam NT .................................................................................................... 8
8.
Return on
ivestment .................................................................................................. 8
Penutup ............................................................................................ 9
PENDAHULUAN
1. Dasar Gagasan Usaha
Kehidupan
di luar negeri terkadang membuat kita terasa rindu akan daerah asal. Hal ini
sering
dirasakan oleh orang Indonesia yang
sedang berada di Negara Taiwan. Tak sedikit orang Indonesia yang
sedang mencari nafkah di Negara Taiwan
dan juga yang sedang melanjutkan studi di perguruan tinggi.
Tercatat lebih kurang sekitar seratus
ribu tenaga kerja Indonesia (TKI) dan sekitar
enam ribu mahasiswa
asal Indonesia yang sedang belajar di
negeri Formosa Taiwan.
Salah satu
kerinduan itu adalah terhadap masakan nusantara yang sudah menjadi bagian dalam
konsumsi sehari-hari orang Indonesia.
Hidup di negeri orang, terkadang menjadikan rasa rindu untuk
tetap menikmati selera masakan nusantara.
Hal ini dikarenakan pula sulitnya mendapatkan masakan
dengan label halal di negeri yang
mayoritas penduduknya mengkonsumsi ‘pork’ dan minyaknya dalam
masakan mereka sehari-hari. Karena itu lah muncul ide gagasan usaha untuk
mendiri rumah makan
yang bisa mewakili selera nusantara
Indonesia serta halal untuk dikonsumsi bagi para TKI dan juga
mahasiswa Indonesia yang sedang
melanjutkan studi di Taiwan.
2.
Kondisi
Pasar dan Target Konsumen
Daerah
Wufeng, Taichung merupakan daerah tempat dimana terdapat pabrik dan universitas
Asia.
Terdapat beberapa pabrik dimana terdapat karyawan asal Indonesia.
Sedangkan di kawasan
Kampus Universitas Asia sendiri, terdapat sejumlah mahasiswa asal
Indonesia yang tinggal di asrama
kampus atau di tempat kos yang ada di
sekitar kampus. Jumlah karyawan pabrik
asal Indonesia lebih
kurang sekitar 30 orang, sedangkan
jumlah mahasiswa asal Indonesia yang sedang melanjut studi di
kampus Universitas Asia lebih kurang
sekitar 40 orang. Di sekitar kampus Asia sendiri terdapat pula
beberapa jajanan atau tempat makan
khas Taiwan. Sedangkan untuk warung Indonesia sendiri belum
terdapat sama sekali.
Melihat
kondisi pasar di atas, maka target konsumen yang hendak dibidik adalah
mahasiswa asal
Indonesia dan karyawan pabrik asal Indonesia (TKI). Sebagai tambahan, terdapat pula target
konsumen
yaitu mahasiswa asal Thailand,
Vietnam, Malaysia serta juga mahasiswa lokal Taiwan sebagai target
untuk memperkenalkan selera masakan
nusantara.
3.
Strategi
Pemasaran Rumah Makan Padang Taichung 2
a. Produk
Yang Ditawarkan
Produk yang ditawarkan oleh Rumah
Makan Padang dikelompokkan sebagai berikut:
1. Masakan Padang khas Indonesia.
Makanan khas padang yang dimaksud
antara lain dapat dilihat pada gambar berikut di bawah ini.
Dan juga terdapat beberapa menu
masakan lain yang disediakan tergantung kebutuhan.
4.
Mesin Koin untuk Karaoke
Keterangan gambar: Mesin karaoke ini
dapat dimainkan dengan memasukkan uang koin 10
NT per lagu yang akan diputar.
Koleksi
lagu dapat disimpan di database lagu pada mesin karaoke. Database lagu akan
berisi
lagu-lagu seperti lagu Indonesia (pop
, dangdut, lagu daerah), lagu Mandarin, lagu Barat.
Alat ini akan dapat membantu bagi
individu yang ingin melatih kemampuan bahasa,
dikarenakan menyanyikan lagu asing
merupakan salah satu cara untuk cepat belajar
menguasai bahasa asing.
3. Barang keperluan sehari-hari
Barang –barang yang dimaksudkan adalah
berupa barang-barang import dari Indonesia
seperti kecap, saos, mi instan, pasta
gigi, minuman kotak, voucher pulsa.
4. Barang souvenir khas Indonesia
Barang-barang yang dimaksudkan adalah
berupa barang souvenir khas Indonesia seperti
gantungan kunci, baju batik, ukiran.
Dan juga informasi gratis objek wisata Indonesia berupa
buku wisata, brosur, poster, dsb
b. Harga
Produk
Harga
produk atau barang yang didatangkan dari Indonesia akan dinaikan sebesar
seratus
persen dari harga biasa, mengingat
biaya ongkos kirim barang untuk mendatangkan barang dari
Indonesia ke Taiwan. Sedangkan untuk
produk berupa masakan dimana bisa diusahakan dari
Taiwan, harga nya disesuaikan tetap
kompetitif dengan harga lokal.
4. Aspek Manajemen
Rumah makan ini memiliki struktur
manajemen dan kepegawaian sebagai berikut:
a. Pemilik Modal, merupakan investor
yang menginvestasikan sejumlah uang guna pendirian
usaha rumah makan padang.
b. Penanggung Jawab/ Manajer ,
merupakan pihak yang bertanggung jawab atas jalannya
usaha rumah makan ini, sehingga dapat
memberikan keuntungan usaha dan dapat
bertanggung jawab sehingga usaha ini
dapat memberikan pelayanan memuaskan terhadap
pelanggan.
c. Bagian pembelian, merupakan pihak
yang bertanggung jawab dalam bagian pengadaan
barang dan bahan baku termasuk
menghitung pemakaiannya.
d. Bagian Keuangan, merupakan pihak
yang bertanggung jawab dalam masalah keuangan, arus
kas masuk dan keluar; juga bertanggung
jawab dalam menjadi kasir.
e. Juru Masak, merupakan pihak yang
bertanggung jawab menjadi juru masak.
f. Juru bersih, bertanggung jawab atas
kebersihan area restoran baik yang ada di depan
sampai area bar dan dapur, termasuk
membantu divisi dapur untuk mencuci peralatan
masak dan makan.
5. Aspek
Teknis/ Operasional
Jam Operasional : Senin s/d Jum’at , Jam 10.00 am
s/d 19.00 pm
Sabtu & Minggu, Jam 09.00 am s/d 22.00 pm
Lokasi :
Wufeng, Taichung. Dekat Kampus Asia University
Bangunan :
Rumah toko 1 lantai yang terdiri dari 2 pintu.
Peralatan :
Peralatan masak, Furnitur, Mesin karaoke, Pendingin ruangan, kipas
angin, televisi, Meja
kasir, Komputer, Kamera cctv.
6. Anggaran Biaya
No
|
Item
|
Nilai
Anggaran
|
1
|
Biaya Sewa Ruko per 2 bulan
|
@ NT 15.000 30.000
|
2
|
Peralatan
|
95.000
|
3
|
Belanja barang
|
50.000
|
4
|
Biaya Listrik, air, telepon
|
10.000
|
5
|
Biaya Ijin usaha (pajak)
|
5.000
|
6
|
Gaji Karyawan
|
|
- Penanggung jawab/ manajer (pembelian)
|
20.000
|
|
- Bagian Keuangan ( kasir)
|
15.000
|
|
- Juru Masak
|
17.000
|
|
- Juru Bersih
|
10.000
|
|
TOTAL KEBUTUHAN DANA
|
NT
252.000
|
|
Dalam Rupiah ( 1 NT = Rp 292)
|
Rp
73.584.000
|
7. Arus Kas (Dalam NT)
A. PENERIMAAN
|
Bulan ke-1
|
||||
Penerimaan
Penjualan Makanan
40 orang x NT 55 ( 2 kali sehari, 30 hari) |
132.000
|
||||
Penerimaan Penjualan Barang
|
10.000
|
||||
Sub
Total Penerimaan
|
142
|
||||
B. PENGELUARAN
|
|||||
Biaya sewa gedung
|
15.000
|
||||
Belanja Barang
|
50.000
|
||||
Biaya Listrik, Telepon,
|
10.000
|
||||
Biaya Ijin Usaha (Pajak)
|
5.000
|
||||
Biaya Gaji Karyawan
|
52.000
|
||||
Sub
Total Pengeluaran
|
122.000
|
||||
C. SELISIH KAS
|
20.000
|
||||
D. SALDO KAS AWAL
|
0
|
||||
E. SALDO KAS AKHIR
|
NT
20.000
|
||||
DALAM RUPIAH ( 1 NT = Rp 292)
|
Rp
5.840.000
|
8. Return
on Investment
= Rp 73.584.000 : Rp 3.000.000 = 24,5
bulan
Lama waktu pengembalian modal kepada
investor lebih kurang selama 2 tahun 1 bulan.
PENUTUP
Alhamdulillah
fuji syukur kehadirat Allah SWT. Bahwasanya tugas makalah ini telah selesai di
buat sebaik mungkin, penulis berharap makalah ini dapat di manfaatkan
sebagaimana mestinya.
Kami
sadar makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu saran dan kritik yang
membangun sangatlah kami harapkan, mungkin ini kata terakhir dari kami semoga
kedepannya bisa menjadi lebih baik.
KUNJUNGI TIPS JUALAN ONLINE DI MEDIA INTERNET
http://bit.ly/1XP9gnh